Posted by : Forum Astronom Amatir Indonesia - FAAI Selasa, 30 Juli 2013

Hujan meteor menjadi fenomena yang paling ditunggu para pengamat langit (skywatcher)  atau peneliti. Astronom memprediksi bahwa puncak dari fenomena hujan meteor terbesar bakal muncul pada 23-24 Mei 2014.

Dilansir Nbcnews, pertunjukkan langit ini disebabkan karena Bumi berada di perjalanan orbit pertamanya melalui objek luar angkasa Comet 209P/LINEAR (2004 CB). "Kami belum pernah melihat meteor ini sebelumnya," kata Bill Cooke dari Meteoroid Environment Office NASA.

Kabarnya, meteor ini akan berada di utara konstelasi Camelopardalis. Waktu puncak penampakkan fenomena 'bintang jatuh' ini akan berada di antara pukul 02.00 dan 05.00 ET (Eastern Time) di 24 Mei 2014.

Beberapa peneliti menduga bahwa fenomena hujan meteor ini ini bisa terlihat sebanyak 400 kilau cahaya per jam. Astronom Peter Jenniskens dan Esko Lyytinen mengatakan, ada kesempatan untuk menyaksikan hujan meteor pada Mei tahun depan. Peneliti akan melakukan penelitian tambahan pada Comet 209P ini untuk menentukan waktu puncak hujan meteor secara pasti.

[FAAI/Okezone] 

Admin "N.P"

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. wow! apakah hujan meteor dapat kita saksikan juga diindonesia? jika iya kira2 jam berapa? Trimakasih

    BalasHapus

Popular Posts

Copyright © 2013 FAAI. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang
Desain oleh Riza Miftah Muharram