Posted by : Forum Astronom Amatir Indonesia - FAAI Jumat, 08 Februari 2013

"Bagaimana Satelit Buatan Bergerak?"

*Kecepatan Untuk Jadi Satelit Buatan.

Jika melempar bola dari puncak gunung, bola akan membentuk parabola dan jatuh ke bumi. Semakin cepat kecepatan lemparannya, bola akan mencapai titik terjauh, lalu jatuh ke bumi. Saat melampaui kecepatan tertentu, bola tak akan jatuh ke bumi, tpi trus berputar mengelilingi bumi. Inilah Prinsip Satelit Buatan.


Untuk jadi satelit buatan, harus dilemparkan dengan kecepatan 7,9 km/detik. Kecepatan ini disebut kecepatan antariksa 1. Jika dilemparkan dngn kec. 11,2 km/detik, bola akan trlepas dr gaya gravitasi bumi, Kecepatan ini disebut kecepatan antariksa 2.

Jika dilemparkan dengan kecepatan di atas 16,7 km/detik, maka bola akan terlepas dari gaya tarik matahari dan akan terbang ke luar tata surya.

"Bola ini hanya perumpamaan sebagai sebuah satelit buatan".

*Orbit Satelit Buatan.

Seperti lintasan benda-benda langit lain, lintasan benda buatan manusia juga disebut orbit. Satelit buatan yang berputar di orbit yang dekat dengan permukaan bumi akan berputar cepat, sedangkan satelit buatan yang orbitnya jauh dari bumi akan berputar lambat.

Semakin dekat ke bumi, gaya gravitasi juga semakin besar sehingga jika tidak berputar cepat, satelit akan jatuh ke bumi. Jika jarak satelit ke bumi 36.000km , kecepatan satelit buatan itu akan sama dengan kecepatan rotasi bumi (berputar 1 kali dalam 24jam). Orbit ini adalah orbit diam sehingga satelitnya pun disebut satelit diam. Karena satelit berputar dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan bumi, maka akan terlihat pada posisi yang sama, baik siang ataupun malam.

###

Artikel ini admin tulis disini dengan mengambil referensi info dari buku "MENGENAL ANTARIKSA".

-Nugroho Pangestu-

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Posts

Copyright © 2013 FAAI. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang
Desain oleh Riza Miftah Muharram