Posted by : Forum Astronom Amatir Indonesia - FAAI Jumat, 08 Februari 2013


Ketika memeriksa peristiwa menjauhnya bintang dan galaksi, digunakanlah sifat gelombang. Suara adalah gelombang yang disampaikan udara, tapi saat sumber suara mendekat, maka suara menjadi keras dan saat sumber suara menjauh, suara akan mengecil. Kamu mungkin menyadari bahwa suara sirene ambulan yang mendekat terdengar keras, sedangkan sirene yang menjauh trdengar kecil.

SIFAT INI DISEBUT EFEK DOPLER. Saat gelombang suara mendekat, jarak gelombang satu dengan gelombang lain (panjang gelombang) menjadi pendek sehingga suara terdengar keras. Saat gelombang suara menjauh, panjang gelombang menjadi panjang sehingga suara terdengar kecil.

Cahaya juga mengalami efek dopler karena termasuk gelombang. Ketika bintang menjauhi kita, panjang gelombang yang dipancarkan menjadi panjang. Karena cahaya merah merupakan cahaya dengan gelombang yang panjang, maka pada bintang yang menjauh, cahaya nya akan terlihat lebih merah dari yang sesungguhnya.

Sebaliknya, cahaya biru memiliki gelombang yang pendek. Ketika bintang mendekat, maka akan terlihat lebih biru dari sesungguhnya.

Dengan memeriksa warna bintang, akan diketahui apakah bintang tersebut mendekati atau menjauhi bumi.

*** 


Biasanya ini digunakan untuk menentukan Alam Semesta itu semakin meluas atau tidak.

Referensi info : Buku "Mengenal Antariksa".


-Nugroho Pangestu-

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Popular Posts

Copyright © 2013 FAAI. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang
Desain oleh Riza Miftah Muharram